RSUD Praya PKRS PEDOMAN GIZI DAN NUTRISI PADA ANEMIA ATAU KURANG DARAH

PEDOMAN GIZI DAN NUTRISI PADA ANEMIA ATAU KURANG DARAH

 

Penyuluhan Rutin PKRS (Edukasi berkelompok) tanggal 13 Juni 2022 dilakukan di Aula tunggu RSUD Praya dengan membawakan judul “Pedoman Gizi dan Nutrisi pada Anemia atau Kurang Darah” yang disampaikan oleh tenaga penyuluh PKRS, Faridah,A.Mg. Penyuluhan ini diberikan kepada para pengunjung Rumah Sakit yang tengah menunggu Jam besuk di RSUD praya.

Penyuluhan ini membahas berbagai hal terkait Anemia seperti penyebab anemia, tanda dan gejala Anemia, Akibat Anemia, seta cara pencegahan dan pengobatan Anemia. Anemia sendiri merupakan keadaan dimana darah merah (Hemoglobin/Hb) kurang dari normal. Kurang darah merah/ Anemia dapat diatasi tergantung pada faktor penyebabnya, salah satu cara adalah dengan memenuhi gizi dan nutrisi yang tepat seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi terutama yang berasal dari sumber hewani seperti Ikan, Hati, Susu, Keju, Telur.

Dengan diadakannya penyuluhan ini, diharapkan peserta dapat mengenali penyakit Anemia melalui tanda-tanda dan gejala yang dialami dan peserta dapat melakukan tindakan preventif dengan mengkonsumsi gizi dan Nutrisi yang tepat. Lebih-lebih peserta diharapkan dapat menjelaskan kembali apa apa yang diterima dari penyuluhan anemia ini sehingga dapat disampaikan kepada keluarga di rumah /di luar Rumah Sakit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *