RSUD Praya PKRS Peran HBPM Dalam Diagnosis Dini dan Evaluasi Hipertensi

Peran HBPM Dalam Diagnosis Dini dan Evaluasi Hipertensi

Selasa 24 Mei 2022, dilakukan penyuluhan rutin tim PKRS RSUD Praya bersama dengan Dokter Spesialis Jantung Paru dr. Lalu M Satrial Iip Widya Atmapraja Sp.JP. Penyuluhan kali ini mengusung Tema Hipertensi dengan judul “Peran HBPM dalam Diagnosis Dini Dan Evaluasi Hipertensi”, yang mana Hipertensi sendiri merupakan masalah kesehatan global yang perlu diatasi tidak hanya oleh petugas kesehata namun juga setiap Individu di dunia terutama yang beresiko terkena hipertensi.

Penyuluhan ini disambut antusias oleh para pasien dan pengunjung Rumah Sakit di gedung poli lantai 3 Rumah Sakit. Pemateri dan tim penyuluh dihujani pertanyaan-pertanyaan seputar penyakit Hipertensi dari pasien dan keluarga pasien yang rata-rata memiliki riwayat Hipertensi.

Dalam penyuluhan Hipertensi kali ini ditekankan pada pembahasan mengenai pentingnya HBPM (Home Blood Pressure Monitoring) yaitu pengukuran tekanan darah di rumah atau di luar klinik. Ketika ada perbedaan antara tekanan darah klinik dan tekanan darah di rumah (HBPM) atau yang diukur sendiri di rumah, diagnosis berbasis tekanan darah di rumah (HBPM) lebih direkomendasikan.

Kegunakan HBPM diantaranya :

  • Menegakkan diagnosis hipertensi, terutama dalam mendeteksi hipertensi jas putih dan hipertensi terselubung
  • Memantau tekanan darah, termasuk variabilitas tekanan darah, pada pasien hipertensi yang mendapat pengobatan maupun tidak
  • Menilai efektivitas pengobatan, penyesuaian dosis, kepatuhan pasien dan mendeteksi resistensi obat.

Diharapkan dengan diadakannya penyuluhan ini, pasien dan pengunjung Rumah Sakit dapat secara mandiri melakukan pengukuran tekanan darah di rumah (HBPM). Dengan melakuan HBPM mandiri secara rutin akan membantu petugas kesehatan dalam melakukan tindak lanjut dalam menanganan penyakit yang diderita pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *